TY - THES N2 - Berdagang adalah salah satu profesi yang menjadi alternatif mata pencaharian bagi masyarakat. Dalam berdagang dituntut kemampuan dari pedagang tersebut untuk berinteraksi dengan manusia lain demi menjaga eksistensi dirinya. Dan salah satu bentuk menjaga eksistensi diri yaitu membentuk sebuah kelompok sosial. Seperti halnya kelompok pedagang makanan event yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami jaringan sosial yang ada diantara kelompok pedagang makanan yang berjualan saat event berlangsung. Dan untuk mengetahui siapa tokoh sentral dari jaringan ini Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dimana peneliti menganalisis data angka ke bentuk kuantitatif. Instrumen penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan pengolahan SNA (Social Network Analysis) dengan aplikasi UCINET 6.0 yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jaringan sosial yang terjadi diantara pedagang event ini, para pedagang hanya dihubungkan oleh kepentingan berdagang saja, tidak disertai dengan hubungan emosional. Motivasi untuk bersama sangat minim dengan ditunjukkan dengan jumlah density yang besar hanya ada pada aspek tukar menukar informasi, sedangkan dalam aspek emosional seperti orang yang disukai dan tokoh sentral density tidak sebesar pada aspek tukar menukar informasi. Tokoh sentral dalam jaringan belum tentu adalah orang yang disukai oleh semua anggota kelompok Kata kunci: pedagang makanan event, Social Network Analysis Y1 - 2015/// PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Rahman, Prasetyo Nugroho Jati ID - UNY28042 M1 - skripsi TI - JARINGAN SOSIAL PEDAGANG MAKANAN EVENT DI YOGYAKARTA AV - public UR - http://library.fis.uny.ac.id ER -