%0 Thesis %9 S1 %A Andrie Andhika Putra, Andre %A Dra. Sumarsih, M.Pd., %B Akuntansi %D 2015 %F UNY:27987 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://eprints.uny.ac.id/27987/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015; (2) pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015; (3) pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta sejumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengungkap variabel Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengungkap data Prestasi Belajar Akuntansi. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK Negeri 7 Yogyakarta sejumlah 35 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan koefisien korelasi (r ) sebesar 0,394; koefisien determinasi (r 2 x1y x1y ) sebesar 0,156 dan persamaan garis regresi Y= 38,041 + 0,626 X ; (2) terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan koefisien korelasi (r 1 ) sebesar 0,400; koefisien determinasi (r 2 x2y x2y ) sebesar 0,160 dan persamaan garis regresi Y= 36,881 + 0,631 X ; (3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan F hitung 2 sebesar 8,227 lebih besar dari F sebesar 3,15 pada taraf signifikansi 5% ; koefisien determinasi (R 2 y(1,2) ) sebesar 0,215 dan persamaan garis regresi Y= 23,215 + 0,421 X 1 + 0,435 X . Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif variabel Motivasi Belajar sebesar 48,65% dan variabel Perhatian Orang Tua sebesar 51,35%. Sumbangan efektif sebesar 21,5% dimana variabel Motivasi Belajar menyumbang sebesar 10,46% dan variabel Perhatian Orang Tua sebesar 11,04%. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi.