TY - THES PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Ardhiansyah, Aziz N2 - Perancangan media promosi industri kerajinan tenun Sari Puspa, Sleman, Yogyakarta bertujuan untuk menciptakan media promosi dengan konsep mengambil karakteristik bentuk kain sebagai dasar pengembangan ide. Dari segi visual perancangan desain komunikasi visual yang menarik dan komunikatif menggunakan bentuk, warna, dan ilustrasi yang mencitrakan ciri khas kerajinan tenun. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, analisis data baik verbal maupun visual dengan teknik SWOT, sehingga menghasilkan sintesis dan kesimpulan dalam pembuatan media promosi. Proses perancangan mengacu pada kreativitas dan kemampuan menyajikan gagasan baru melalui tahapan proses membuat layout gagasan, layout kasar, dan layout lengkap, dan dihasilkan desain final dengan proses manual dan teknologi komputer. Hasil desain mengacu dari konsep karakteristik bentuk kain tenun berupa draperi dan penggunaan warna hijau sebagai simbol alami. Karya yang dihasilkan melalui tahap perancangan dan produksi berupa logo baru diterapkan pada media lini atas dan media lini bawah. Media lini atas yang digunakan adalah iklan majalah dan sign system karena media tersebut dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan memberikan informasi menuju lokasi kerajinan tenun Sari Puspa. Sedangkan media lini bawah yang dihasilkan berjumlah 12 buah berupa papan nama, leaflet, paper bag, labelling, t-shirt karyawan, t-shirt souvenir, gantungan kunci, kalender, kop surat, amplop, kartu nama, dan transit ad. Y1 - 2012/10/31/ UR - http://eprints.uny.ac.id/27938/ ID - UNY27938 M1 - skripsi AV - public KW - perancangan KW - media promosi KW - tenun sari puspa TI - PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INDUSTRI KERAJINAN TENUN SARI PUSPA SLEMAN, YOGYAKARTA ER -