@phdthesis{UNY27851, year = {2015}, author = {Adi Wibowo Laskar}, month = {September}, title = {UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN GURU SEKOLAH DASAR DI UPT BOROBUDUR PERIODE 2009-2014}, school = {UNY}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pengembangan keprofesionalan guru di UPT Borobudur. Deskripsi terkait dengan guru sekolah dasar, kepala sekolah dan UPT Borobudur mengenai upaya pengembangan keprofesionalan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Objek penelitian adalah upaya pengembangan keprofesionalan guru SD di UPT Borobudur. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Intrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) Upaya pengembangan keprofesionalan guru memiliki program pembuatan RPP, pendampingan bimbingan pembelajaran tatap muka, bimbingan refleksi hasil pembelajaran, membimbing guru menggunakan IT, pembinaan guru dalam pemanfaatan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan, pendampingan guru melaksanakan penilaian hasil belajar, Pelatihan guru mata pelajaran melalui workshop mata pelajaran untuk tingkatan SD, pelaksanaan kegiatan KKG, bantuan studi lanjut, pelaksanaan sertifikasi guru 2) Hambatan di dalam mengembangkan keprofesionalan guru kurangnya ketelitian dalam penetapan jadwal pengembangan keprofesionalan guru, kurangnya pengetahuan mengenai informasi teknologi, program sertifikasi guru 3) Solusi dalam mengatasi hambatan- hambatan yaitu lebih teliti dalam pembuatan jadwal pengembangan keprofesionalan guru, dalam memberikan pengetahuan informasi teknologi harus dilakukan sesering mungkin, syarat-syarat untuk mendapatkan sertifikasi lebih dimudahkan namun tidak menurunkan kompetensi guru didalam pendidikan 4) Dampak dari pengembangan keprofesionalan guru sekolah dasar yaitu guru banyak mendapat metode pengajaran baru.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/27851/} }