%L UNY27849 %I UNY %A Wulanyani Fenny Sri Budiastari %T IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA DI SD N WIDORO YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kebijakan sekolah di SD N Widoro, apa saja penanaman nilai-nilai karakter yang diberikan, apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakan, serta solusi dari hambatan pelaksanaan kebijakan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi SD Widoro Yogyakarta khususnya kelas IV dan V, wali kelas, serta kepala sekolah SD N Widoro Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pengamatan, dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) pelaksanaan kebijakan sekolah di SD N Widoro sejauh ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dibuatnya kebijakan ini. Kepala sekolah dan guru saling bekerjasama dalam pelaksanaan kebijakan-kebijakan tersebut, 2) penanaman nilai-nilai karakter di SD N Widoro yaitu dengan cara guru memberikan contoh nyata dalam bersikap sehari-harinya, jadi diharapkan siswa dapat secara langsung mencontoh apa yang dilihat. Selain itu juga sekolah mengadakan ekstrakurikuler taekwondo untuk membentuk emosi siswa guna pembentukan karakternya, 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakannya yaitu: a) adanya kerjasama yang baik antar warga sekolah, b) fasilitas yang mendukung, sedangkan penghambatnya adalah a) guru masih harus selalu mendampingi siswa, b) siswa yang masih sering bersendau- gurau dalam pelaksanaan, dan 4) solusi dari hambatan pelaksanaan kebijakan yaitu pendekatan secara individual kepada siswa. %D 2015