<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI\r\nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran\r\npengembangan diri mandi bagi siswa autis yang mencakup persiapan\r\npembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, faktor yang\r\nmenghambat dan faktor yang mendukung pembelajaran di SLB Citra Mulia\r\nmandiri\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan\r\nkualitatif. Subyek penelitian ini yaitu guru kelas dan satu orang siswa autis kelas\r\nX SMALB di SLB Citra Mulia Mandiri. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nwawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini\r\nadalah kualitatif. Langkah-langkah analisis data diantaranya tahap reduksi data,\r\npenyajian data dan tahap mengambil kesimpulan.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pengembangan diri\r\nmandi untuk siswa autis terdiri atas (1) perencanaan pembelajaran disusun dari\r\nhasil asesmen kemampuan awal siswa, (2) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari\r\ntiga tahap yaitu tahap awal dengan menyiapkan peralatan mandi yang akan\r\ndigunakan siswa, tahap inti menyampaikan materi mengenai pengembangan diri\r\nmandi. Pada saat guru menerangkan fungsi dari peralatan mandi INA tampak\r\ntidak fokus dan berbicara dengan bahasanya sendiri. Untuk mengatasi subyek,\r\nguru memberikan tugas supaya INA mengambil gayung yang ada di kamar mandi.\r\nSetelah subyek kembali ketempat duduk dengan tenang, guru melanjutkan materi\r\ndengan menjelaskan penggunaan gayung. Tahap penutup dengan mengevaluasi\r\nkemampuan INA dalam mengenal peralatan mandi, berdoa penutup dan\r\nberkomunikasi dengan orang tua INA untuk meneruskan kegiatan mandi dirumah.\r\nPembelajaran yang diberikan disesuaikan dengan kondisi siswa autis sehingga\r\nsetelah memperoleh pembelajaran pengembangan diri mandi siswa menjadi\r\nmandiri, (3) strategi pembelajaran yang digunakan guru pada INA seperti instruksi\r\nverbal secara berulang, strategi prinsip khusus dan strategi dengan prinsip\r\npenguat. Guru juga memberikan bantuan fisik dengan menggerakkan tangan siswa\r\nuntuk mengambil peralatan mandi dan mengambil gayung, (4) menggunakan\r\nevaluasi tes dengan tanya jawab mengenai peralatan mandi, tes perbuatan berupa\r\ntahap praktek mandi, dan evaluasi berupa pengamatan atau observasi dari tahapan\r\nkeseluruhan pembelajaran pengebangan diri mandi."^^ . "2015-10-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "PLB, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Shelly Adelina"^^ . "Margareta"^^ . "Shelly Adelina Margareta"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI\r\nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI\r\nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI\r\nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI\r\nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI\r\nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI\r\nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27833 \n\nPEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK ANAK AUTIS DI \nSLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .