<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE\r\nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV\r\nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan artikulasi anak\r\ntunarungu kelas dasar 4 melalui metode Peer Tutorial di SLB Bhakti Wiyata,\r\nKulon Progo.\r\nSubjek penelitian berjumlah 2 orang di kelas dasar 4 yang terdiri dari 2\r\nsiswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan\r\ndata menggunakan teknik observasi dan tes kemampuan artikulasi. Analisis data\r\nyang digunakan yakni teknik komparatif yaitu membandingkan hasil pre tes\r\nkemampuan awal dan hasil pos tes siklus 1 dan 2.\r\nProses peningkatan kemampuan artikulasi dilakukan dari melakukan pre\r\ntes untuk mengetahui kemampuan awal, pre tes menunjukkan bahwa subjek\r\nbelum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 60, kemudian dilakukan tindakan\r\nsiklus 1. Tindakan dilakukan dengan latihan artikulasi yang terdiri dari latihan\r\npernafasan, latihan pelemasan organ bicara, latihan pembentukan vokal, latihan\r\nmengucapkan konsonan r yang berapa pada suku kata, di awal kata, di tengah\r\nkata, dan di akhir kata menggunakan metode Peer Tutorial. Pos tes siklus 1\r\nmenunjukkan peningkatan namun masih terdapat siswa yang belum mencapai\r\nKKM 60 dengan demikian dilakukan tindakan siklus 2 dan pos tes siklus 2. Hasil\r\npenelitian menunjukkan bahwa metode Peer Tutorial dapat meningkatkan\r\nkemampuan artikulasi anak tunarungu kelas dasar 4. Hal itu dibuktikan dengan\r\nadanya peningkatan dari kemampuan awal subjek RK yang mendapat skor 56 dan\r\nRP mendapat skor 48. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 menunjukkan\r\npeningkatan pada subjek RK sebesar 25% dengan skor 81 dan subjek RP sebesar\r\n11% dengan skor 59. Kemudian setelah diberi tindakan siklus 2 dan dilakukan pos\r\ntes siklus 2 menunjukkan peningkatan pada subjek RK sebesar 12% dengan skor\r\n93 dan subjek RP sebesar 28% dengan skor 87. Hasil tindakan siklus 2\r\nmenunjukkan bahwa hasil masing-masing subjek meningkat dan mencapai\r\nKriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 70 sehingga\r\ntindakan dihentikan."^^ . "2015-08-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "PLB, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Ayu Widawati"^^ . "Luthfi Dyah"^^ . "Ayu Widawati Luthfi Dyah"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE\r\nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV\r\nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE\r\nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV\r\nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE\r\nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV\r\nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE\r\nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV\r\nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE\r\nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV\r\nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE\r\nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV\r\nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27831 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE \nPEER TUTORIAL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV \nDI SLB BHAKTI WIYATA KULON PROGO\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .