<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN\r\nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI\r\nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi\r\nKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi siswa tunagrahita kategori ringan\r\nkelas II di SLB Rela Bhakti I Gamping dan hambatan yang dialami guru, serta upaya\r\nyang dilakukan.\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek\r\npenelitian ini adalah guru, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan kepala SLB Rela\r\nBhakti I Gamping. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,\r\nobservasi, dan analisis dokumen. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan\r\npedoman wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data dianalisis melalui reduksi\r\ndata, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data\r\nmenggunakan peningkatan ketekunan, membercheck, dan triangulasi data.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran meliputi silabus\r\ndan RPP yang disesuaikan dengan hasil asesmen untuk menentukan indikator\r\npencapaian. Perencanaan belum disertai catatan khusus selama proses pembelajaran\r\nyang dapat digunakan sebagai bahan refleksi pada perencanaan selanjutnya.\r\nPelaksanaan pembelajaran ditinjau dari sisi pendekatan tematik yang diterapkan dalam\r\nkegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi terlihat belum optimal. Perencanaan yang\r\nsudah disusun belum dapat dilaksanakan secara keseluruhan karena pembelajaran yang\r\nbersifat situasional. Saat proses pembelajaran berlangsung guru membuat keputusan\r\nmemilih KD yang relevan dengan kondisi situasional siswa. Evaluasi pembelajaran\r\nmenggunakan dua cara yaitu: evaluasi proses dan hasil. Evaluasi proses dengan\r\npengamatan belum terdapat catatan-catatan pengamatan. Sedangkan, evaluasi hasil\r\ndiperoleh melalui nilai akhir yang dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal\r\n(KKM) dan dideskripsikan sesuai hasil kemampuan siswa. Hambatan yang dialami guru\r\ndalam menerapkan pembelajaran tematik, kondisi siswa saat pembelajaran belum\r\nkondusif, minimnya keikutsertaan guru dalam pelatihan-pelatihan, kesulitan\r\nmemperoleh buku teks khusus tunagrahita kategori ringan. Upaya yang dilakukan\r\nmenyampaikan materi pembelajaran secara separatif, memberi motivasi dan memberi\r\nnasihat pada siswa, mengoptimalkan kemampuan guru, materi dikembangkan sendiri\r\noleh guru."^^ . "2015-07-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "PLB, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Alfiah"^^ . "Kharismantiwi"^^ . "Alfiah Kharismantiwi"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN\r\nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI\r\nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN\r\nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI\r\nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN\r\nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI\r\nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN\r\nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI\r\nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN\r\nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI\r\nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN\r\nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI\r\nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27828 \n\nIMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN \nBAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI \nSEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .