<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi\r\nterhadap kemampuan berbicara pada anak autis kelas V Sekolah Dasar di SLB\r\nAutisma Dian Amanah Yogyakarta pada perubahan skor kemampuan berbicara\r\nketika kegiatan pembelajaran di dalam kelas.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis\r\npenelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Single\r\nSubject Research (SSR) dengan metode A-B-A’. Subjek penelitian adalah seorang\r\nanak autis kelas V Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini\r\nmenggunakan metode observasi dan dokumentasi. Instrumen pengambilan data\r\ntelah melalui penilaian validitas oleh dosen ahli (expert judgement). Data yang\r\ndiperoleh dari hasil observasi dianalisis melalui statistik deskriptif yang\r\nditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon. Komponen yang dianalisis\r\nyaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi berpengaruh\r\nterhadap kemampuan berbicara pada anak autis kelas V Sekolah Dasar di SLB\r\nAutisma Dian Amanah Yogyakarta pada saat kegiatan pembelajaran. Hal ini\r\nditandai dengan adanya peningkatan skor kemampuan berbicara subjek\r\nberdasarkan observasi yang diperoleh pada fase baseline-1 dan fase baseline-2.\r\nDari hasil analisis data antar kondisi diketahui adanya peningkatan skor\r\nkemampuan berbicara sebanyak 3 level (+3) pada kondisi fase intervensi setelah\r\ndibandingkan dengan fase baseline-1, dan adanya peningkatan skor kemampuan\r\nberbicara sebanyak 5 level (+5) pada kondisi setelah diberikan intervensi (fase\r\nbaseline-2) dibandingkan dengan kondisi sebelum diberikan intervensi (fase\r\nbaseline-1). Selain dari bertambahnya skor kemampuan berbicara, adanya\r\npengaruh penerapan metode bernyanyi didukung dengan tidak adanya (0%) data\r\nyang tumpang tindih atau persentase overlap pada kondisi setelah dikenai\r\nintervensi (baseline-2) setelah dibandingkan dengan kondisi sebelum dikenai\r\nintervensi (baseline-1)."^^ . "2015-08-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "PLB, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Dian Marliana"^^ . "Intan Maharani"^^ . "Dian Marliana Intan Maharani"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27825 \n\nPENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK AUTIS KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .