%0 Thesis %9 S1 %A Ferry, Rahmania Kusumawardhani %B PLB %D 2015 %F UNY:27824 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KONKRET DAN ABSTRAK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SLB WIYATA DHARMA 1 TEMPEL SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/27824/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep konkret dan abstrak melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek pada anak tunarungu kelas II di SLB Wiyata Dharma 1 Tempel. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah tiga siswa tunarungu kelas II di SLB Wiyata Dharma 1 Tempel. Penelitian terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif serta penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman konsep konkret dan abstrak siswa tunarungu. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya skor hasil akhir pemahaman konsep masing-masing subjek yaitu subjek UL sebesar 85, subjek WA sebesar 75 dan subjek NA sebesar 90. Kesimpulan akhir adalah melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, pemahaman konsep konkret dan abstrak siswa meningkat, dapat diihat dari rata-rata kelas sebesar 83,33.