TY - THES ID - UNY27822 Y1 - 2015/08/25/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTISTIK KELAS I SDLB DI SLB N 1 BANTUL A1 - Feri, Wahyuningsih AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media puzzle terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak autistik kelas I SDLB di SLB N 1 Bantul. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan jenis penelitian single subject research (SSR). Desain yang digunakan adalah desain A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDLB di SLB N 1 Bantul bernama DS. Waktu penelitian adalah tanggal 20 April 2015 sampai 13 Mei 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang kemudian dianalisis berdasarkan analisis dalam kondisi dan antarkondisi dengan penyajian data melalui grafik garis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean level pada fase baseline-1 ke baseline-2 mengalami peningkatan sebesar 20,84% yaitu dari 55,83% menjadi 76,67% yang memiliki arti bahwa kemampuan menulis permulaan mengalami perubahan menjadi lebih baik. Selain itu, persentase overlap rendah. Data overlap pada kondisi baseline-1 dengan intervensi sebesar 16,7%, sedangkan data overlap pada saat intervensi ke fase baseline-2 hanya 0%. Data tersebut mengindikasikan bahwa intervensi yang dilakukan menggunakan media puzzle memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak autistik. Jadi, media puzzle efektif terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak autistik kelas I SDLB di SLB N 1 Bantul. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/27822/ ER -