%D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KEEFEKTIFAN MEDIA LKS WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V DI SLB KASIH IBU YOGYAKARTA %A Supangga Dina %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media LKS word square terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kategori ringan kelas V di SLB Kasih Ibu Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan subjek tunggal (SSR). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan penyajian datanya melalui grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media LKS word square efektif terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita kategori ringan kelas V di SLB Kasih Ibu Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan membaca permulaan siswa pada fase baseline-1 stabil pada persentase 65,82%, fase intervensi stabil pada persentase 80,07%, dan fase baseline-2 stabil pada persentase 90,82%. Berdasarkan hasil analisis, diketahui data overlap memiliki persentase kecil yaitu 0% dan 33,33%. Hal ini mengindikasikan bahwa pengaruh intervensi terhadap target behavior dapat diyakini. Selain itu, keefektifan media LKS word square juga ditunjukkan dengan terpenuhinya tujuan pembelajaran yang terdapat dalam RPP dengan persentase sebesar 85%-95%. %L UNY27818