TY - THES Y1 - 2015/10/23/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) keaktifan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Imogiri Bantul dalam proses pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman, (2) prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Imogiri Bantul melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X7 SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) keberhasilan proses dan (2) keberhasilan produk. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan keaktifan peserta didik kelas X7 SMA Negeri 1 Imogiri Bantul dalam proses pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Keberhasilan produk dilihat dari peningkatan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu keberhasilan proses meningkatnya keaktifan peserta didik kelas X7 SMA Negeri 1 Imogiri Bantul dalam proses pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Keberhasilan produk dilihat dari kenaikan rata-rata keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik. Kenaikan nilai rata-rata tersebut sebesar 17,5 yaitu dari 64,80 sebelum diberi tindakan menjadi 82,30 setelah dilaksanakannya tindakan. A1 - Hesti R.M., Putri PB - Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY27721 M1 - skripsi TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 IMOGIRI BANTUL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION AV - public KW - Penelitian Tindakan Kelas KW - Group Investigation KW - Keterampilan Membaca Bahasa Jerman UR - http://eprints.uny.ac.id/27721/ ER -