%K Model Pembelajaran Generatif, kreativitas siswa, pembelajaran praktik
%L UNY27697
%D 2013
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK 
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN 
PRAKTIK TARI DI SMP NEGERI 1 DUKUN 
KABUPATEN MAGELANG
%X Penelitian  Tindakan  Kelas  ini  bertujuan  meningkatkan  kualitas 
pembelajaran praktik tari dengan Penerapan Model Pembelajaran Generatif, 
sehingga pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Dukun meningkat kreativitasnya. 
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Maret 2010 sampai 
dengan April 2011 dalam dua siklus. Siklus I bertujuan untuk mengenal potensi 
diri dan siklus II untuk memperbaiki dan meningkatkan kreativitas. Masing-
masing siklus terdiri atas empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Implementasi, (3) 
monitoring, (4) Evaluasi dan refleksi. 
Penerapan model pembelajaran generatif meliputi beberapa tahap, yaitu: 
pendahuluan, pemfokusan, tantangan, penerapan konsep. Hasil penelitian ini 
sebagai berikut: (a) Pendahuluan, pada tahap eksplorasi ini dilakukan beberapa 
kegiatan yang bertujuan untuk mendorong peserta didik agar mampu melakukan 
eksplorasi terhadap pengetahuan, ide atau konsepsi awal yang pernah dilihatnya; 
(b) Tahap pemfokusan, petunjuk langkah-langkah kerja, tugas-tugas memberikan 
kemungkinan peserta didik beraktivitas sesuai caranya sendiri; (c) Tahap 
Tantangan, peserta didik berlatih berani menampilkan ide-ide gerak yang telah 
disusun menjadi motif gerak dan bahkan ragam gerak; (d) Tahap Penerapan 
Konsep, peserta didik diajak untuk dapat memecahkan masalah dengan konsep 
barunya, menghasilkan ketrampilan yang kreatif untuk mengkonstruksi sebuah 
karya tari sederhana secara mandiri.
%A Tri Purwokowati Rosalia