%0 Thesis
%9 S1
%A Rosalia, Tri Purwokowati
%B Pendidikan Seni Tari
%D 2013
%F UNY:27697
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Model Pembelajaran Generatif, kreativitas siswa, pembelajaran praktik
%T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK   MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN   PRAKTIK TARI DI SMP NEGERI 1 DUKUN   KABUPATEN MAGELANG
%U http://eprints.uny.ac.id/27697/
%X Penelitian  Tindakan  Kelas  ini  bertujuan  meningkatkan  kualitas   pembelajaran praktik tari dengan Penerapan Model Pembelajaran Generatif,   sehingga pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Dukun meningkat kreativitasnya.   Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Maret 2010 sampai   dengan April 2011 dalam dua siklus. Siklus I bertujuan untuk mengenal potensi   diri dan siklus II untuk memperbaiki dan meningkatkan kreativitas. Masing-  masing siklus terdiri atas empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Implementasi, (3)   monitoring, (4) Evaluasi dan refleksi.   Penerapan model pembelajaran generatif meliputi beberapa tahap, yaitu:   pendahuluan, pemfokusan, tantangan, penerapan konsep. Hasil penelitian ini   sebagai berikut: (a) Pendahuluan, pada tahap eksplorasi ini dilakukan beberapa   kegiatan yang bertujuan untuk mendorong peserta didik agar mampu melakukan   eksplorasi terhadap pengetahuan, ide atau konsepsi awal yang pernah dilihatnya;   (b) Tahap pemfokusan, petunjuk langkah-langkah kerja, tugas-tugas memberikan   kemungkinan peserta didik beraktivitas sesuai caranya sendiri; (c) Tahap   Tantangan, peserta didik berlatih berani menampilkan ide-ide gerak yang telah   disusun menjadi motif gerak dan bahkan ragam gerak; (d) Tahap Penerapan   Konsep, peserta didik diajak untuk dapat memecahkan masalah dengan konsep   barunya, menghasilkan ketrampilan yang kreatif untuk mengkonstruksi sebuah   karya tari sederhana secara mandiri.