%0 Thesis %9 S1 %A Rosalia, Tri Purwokowati %B Pendidikan Seni Tari %D 2013 %F UNY:27697 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Model Pembelajaran Generatif, kreativitas siswa, pembelajaran praktik %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI DI SMP NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/27697/ %X Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran praktik tari dengan Penerapan Model Pembelajaran Generatif, sehingga pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Dukun meningkat kreativitasnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Maret 2010 sampai dengan April 2011 dalam dua siklus. Siklus I bertujuan untuk mengenal potensi diri dan siklus II untuk memperbaiki dan meningkatkan kreativitas. Masing- masing siklus terdiri atas empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Implementasi, (3) monitoring, (4) Evaluasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran generatif meliputi beberapa tahap, yaitu: pendahuluan, pemfokusan, tantangan, penerapan konsep. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Pendahuluan, pada tahap eksplorasi ini dilakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mendorong peserta didik agar mampu melakukan eksplorasi terhadap pengetahuan, ide atau konsepsi awal yang pernah dilihatnya; (b) Tahap pemfokusan, petunjuk langkah-langkah kerja, tugas-tugas memberikan kemungkinan peserta didik beraktivitas sesuai caranya sendiri; (c) Tahap Tantangan, peserta didik berlatih berani menampilkan ide-ide gerak yang telah disusun menjadi motif gerak dan bahkan ragam gerak; (d) Tahap Penerapan Konsep, peserta didik diajak untuk dapat memecahkan masalah dengan konsep barunya, menghasilkan ketrampilan yang kreatif untuk mengkonstruksi sebuah karya tari sederhana secara mandiri.