%X Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kreativitas gerak 
siswa autis dalam pembelajaran tari dengan menggunakan model Sinektik di SLB 
Dian Amanah Sleman Yogyakarta. 
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada Januari sampai dengan April 
2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa autis SLB Dian Amanah 
Sleman Yogyakarta yang berjumlah 4 orang siswa.Dalam tiap siklusnya terdapat 4 
tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Evaluasi 
dan Refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. 
Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan 
proses pembelajaran tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas gerak 
siswa autis dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan: a) peningkatan skor 
rata-rata pada aspek kognitif yang di siklus I memperoleh skor 62, 5 dan di siklus 
II menjadi 68,75, naik sebesar 6,25, b) peningkatan juga terjadi pada aspek afektif 
yang di siklus I memperoleh skor rata-rata 62,5 dan di siklus II menjadi 79,17, 
naik sebesar 16,67, c) kemudian pada aspek psikomotorik juga terjadi peningkatan, 
di siklus I memperoleh skor rata-rata 68,75 dan di siklus II menjadi 79,17, naik 
sebesar 6,5, dan d) peningkatan kreativitas gerak siswa juga terlihat dari hasil 
pengamatan yang menunjukan peningkatan antara sebelum pelaksanaan tindakan 
dan setelah pelaksanaan tindakan.
%A Siti Anisa Rizka Mulia
%T MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN TARI UNTUK 
MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK SISWA AUTIS 
DI SLB DIAN AMANAH SLEMAN YOGYAKARTA
%L UNY27672
%D 2013
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Pembelajaran Tari, Kreativitas, Model Sinektik, dan Autisme