%0 Thesis
%9 S1
%A Mulia, Siti Anisa Rizka
%B Pendidikan Seni Tari
%D 2013
%F UNY:27672
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Pembelajaran Tari, Kreativitas, Model Sinektik, dan Autisme
%T MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN TARI UNTUK   MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK SISWA AUTIS   DI SLB DIAN AMANAH SLEMAN YOGYAKARTA
%U http://eprints.uny.ac.id/27672/
%X Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kreativitas gerak   siswa autis dalam pembelajaran tari dengan menggunakan model Sinektik di SLB   Dian Amanah Sleman Yogyakarta.   Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada Januari sampai dengan April   2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa autis SLB Dian Amanah   Sleman Yogyakarta yang berjumlah 4 orang siswa.Dalam tiap siklusnya terdapat 4   tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Evaluasi   dan Refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari.   Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan   proses pembelajaran tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas gerak   siswa autis dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan: a) peningkatan skor   rata-rata pada aspek kognitif yang di siklus I memperoleh skor 62, 5 dan di siklus   II menjadi 68,75, naik sebesar 6,25, b) peningkatan juga terjadi pada aspek afektif   yang di siklus I memperoleh skor rata-rata 62,5 dan di siklus II menjadi 79,17,   naik sebesar 16,67, c) kemudian pada aspek psikomotorik juga terjadi peningkatan,   di siklus I memperoleh skor rata-rata 68,75 dan di siklus II menjadi 79,17, naik   sebesar 6,5, dan d) peningkatan kreativitas gerak siswa juga terlihat dari hasil   pengamatan yang menunjukan peningkatan antara sebelum pelaksanaan tindakan   dan setelah pelaksanaan tindakan.