<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \r\nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \r\nUNTUK SISWA SMP/MTs"^^ . "Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan gambaran \r\npembelajaran menulis cerpen di SMP serta mendiskripsikan penilaian siswa dan \r\nguru terhadap materi cerpen pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia, (2) \r\nmengembangkan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman \r\n(experiential learning) untuk siswa SMP/MTs, (3) mendeskripsikan kelayakan \r\nmodul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman (experiential learning) \r\nuntuk siswa SMP/MTs \r\nPenelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Borg \r\nand Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan, yaitu penelitian dan \r\npengumpulan informasi, perencanaan pembuatan produk, dan pengembangan \r\nproduk. Data diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara, telaah buku teks \r\npelajaran, validasi produk, dan uji coba terhadap siswa. Data hasil wawancara dan \r\ntelaah buku teks pelajaran dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, \r\nsedangkan analisis angket, validasi produk, dan uji coba terhadap siswa langkah-\r\nlangkahnya meliputi: mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, tabulasi semua \r\ndata yang diperoleh pada tiap aspek, menghitung skor rata-rata, dan mengubah \r\nskor rata-rata menjadi kategori. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa masih kesulitan dalam \r\nmenulis cerpen, khususnya dalam mencari ide. Buku teks yang diggunakan masih \r\nterlalu monoton baik dari penyajian maupun penugasan. Perlu adanya \r\npengembangan materi pembelajaran, (2) modul yang dikembangkan berjudul \r\n“Mari Menulis Cerpen!”. Modul terdiri dari tiga bagian, yaitu pengenalan awal \r\ncerpen, motivasi menulis, dan pengaplikasian langkah-langkah experiential \r\nlearning dalam menulis cerpen. Adapun hasil validasi modul pembelajaran dari \r\nahli materi, guru bahasa Indonesia, dan uji coba terhadap siswa menunjukkan \r\nbahwa aspek isi memperoleh rata-rata skor 4,49 berkategori “sangat baik”, aspek \r\nbahasa memperoleh rata-rata skor 4,66 berkategori “sangat baik”, aspek \r\npenyajian memperoleh rata-rata skor 4,68 berkategori “sangat baik”, dan aspek \r\nkegrafikaan memperoleh rata-rata skor 4,71 berkategori “sangat baik”, (3) modul \r\npembelajaran memperoleh rata-rata skor akhir 4,63 berkategori “sangat baik” \r\ndengan tingkat kelayakan 92,6 % dan dinyatakan sangat layak digunakan."^^ . "2015-10-23" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . "Ana"^^ . "Masruroh"^^ . "Ana Masruroh"^^ . . "Dr. Maman Suryaman"^^ . . . "Dr. Wiyatmi"^^ . . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \r\nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \r\nUNTUK SISWA SMP/MTs (Text)"^^ . . . "SKRIPSI.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \r\nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \r\nUNTUK SISWA SMP/MTs (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \r\nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \r\nUNTUK SISWA SMP/MTs (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \r\nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \r\nUNTUK SISWA SMP/MTs (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \r\nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \r\nUNTUK SISWA SMP/MTs (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \r\nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \r\nUNTUK SISWA SMP/MTs (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #27649 \n\nPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN \nBERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) \nUNTUK SISWA SMP/MTs\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .