<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/title> "KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \r\nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \r\nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang \r\nsignifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi \r\ngenerative dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi \r\ngenerative dalam menulis teks laporan hasil observasi. Selain itu, penelitian ini juga \r\nbertujuan menguji keefektifan strategi generative dalam pembelajaran menulis teks \r\nlaporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paliyan. \r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode \r\neksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest \r\nPosttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa \r\nstrategi generative dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks laporan hasil \r\nobservasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 \r\nPaliyan. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Berdasarkan hasil \r\nundian, ditetapkan bahwa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E \r\nsebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert \r\njudgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks laporan hasil \r\nobservasi. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan data penelitian ini \r\nberdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan \r\nmenggunakan uji-t. \r\n Hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan posttest \r\nkelompok kontrol menghasilkan thitung adalah 3.971 dengan db 60 diperoleh nilai \r\np = 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5% (p < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan \r\nbahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang \r\nmendapatkan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan \r\nmenggunakan strategi generative dan kelompok kontrol yang mendapatkan \r\npembelajaran menulis teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan strategi \r\ngenerative. Hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen \r\nmenghasilkan thitung 14.546 dengan db 30 diperoleh nilai p = 0,000. Pretest dan \r\nposttest kelompok kontrol diperoleh thitung 10.113 dengan db 30 dan diperoleh \r\np = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi generative efektif digunakan \r\ndalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 1 \r\nPaliyan."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/date> "2015-10-23" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Universitas Negeri Yogyakarta"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a85efd1f3f9ce0d1326e8eecc140c61e> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-cea9c1c3b329d2e5ed33ae1a74d18f5b> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9601a6e50220e7cbbdcb7e3634e8c023> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9601a6e50220e7cbbdcb7e3634e8c023> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9601a6e50220e7cbbdcb7e3634e8c023> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9601a6e50220e7cbbdcb7e3634e8c023> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Gunawan"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9601a6e50220e7cbbdcb7e3634e8c023> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Hendra Wijaya"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-9601a6e50220e7cbbdcb7e3634e8c023> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Gunawan Hendra Wijaya"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-bcd84c26500e99d275ed534219d6ae96> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-bcd84c26500e99d275ed534219d6ae96> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Prof. Dr. Haryadi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-bcd84c26500e99d275ed534219d6ae96> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-152e6d745cbb1f00eda7b46b35084a5e> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-152e6d745cbb1f00eda7b46b35084a5e> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Beniati Lestyarini, M.Pd"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-152e6d745cbb1f00eda7b46b35084a5e> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \r\nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \r\nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/27646/1/SKRIPSI%20FULL%20PDF.pdf> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/27646/1/SKRIPSI%20FULL%20PDF.pdf> . <http://eprints.uny.ac.id/27646/1/SKRIPSI%20FULL%20PDF.pdf> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "SKRIPSI FULL PDF.pdf"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \r\nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \r\nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/27646/2/lightbox.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235522> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/27646/2/lightbox.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/27646/2/lightbox.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "lightbox.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \r\nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \r\nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/27646/3/preview.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235523> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/27646/3/preview.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/27646/3/preview.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "preview.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \r\nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \r\nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/27646/4/medium.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235524> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/27646/4/medium.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/27646/4/medium.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "medium.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \r\nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \r\nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/27646/5/small.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235525> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/27646/5/small.jpg> . <http://eprints.uny.ac.id/27646/5/small.jpg> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "small.jpg"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \r\nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \r\nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235506> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> <http://eprints.org/ontology/hasFile> <http://eprints.uny.ac.id/27646/6/indexcodes.txt> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/235530> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/27646/6/indexcodes.txt> . <http://eprints.uny.ac.id/27646/6/indexcodes.txt> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "indexcodes.txt"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/27646/> . <http://eprints.uny.ac.id/27646/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #27646 \n\nKEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN \nMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA \nKELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/27646/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/27646/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27646> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/E1> .