relation: http://eprints.uny.ac.id/27646/
title: KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN   MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA   KELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL
creator: Hendra Wijaya, Gunawan
subject: Bahasa dan Sastra Indonesia
description: Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  ada tidaknya perbedaan yang   signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi   generative  dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi   generative  dalam menulis teks laporan hasil observasi. Selain itu, penelitian ini juga   bertujuan menguji keefektifan strategi  generative  dalam pembelajaran menulis  teks   laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paliyan.   Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan metode   eksperimen  semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest   Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa   strategi generative dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis  teks laporan hasil   observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1   Paliyan. Teknik pengambilan sampel adalah  random sampling.  Berdasarkan hasil   undian, ditetapkan bahwa kelas VII  C  sebagai  kelas eksperimen dan kelas VII  E   sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan  expert   judgement.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis  teks laporan hasil   observasi. Hasil uji normalitas  dan homogenitas  menunjukan  data penelitian ini   berdistribusi normal dan  homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis  dengan   menggunakan uji-t.     Hasil perhitungan uji-t skor  posttest  kelompok eksperimen dan  posttest   kelompok kontrol menghasilkan thitung  adalah 3.971  dengan db  60  diperoleh nilai         p = 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5%    (p < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan   bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang   mendapatkan pembelajaran menulis  teks laporan hasil observasi  dengan   menggunakan strategi  generative  dan kelompok kontrol yang mendapatkan   pembelajaran menulis  teks laporan hasil observasi  tanpa menggunakan strategi   generative. Hasil perhitungan uji-t skor  pretest  dan  posttest  kelompok eksperimen   menghasilkan  thitung  14.546  dengan db  30  diperoleh nilai p  =  0,000.  Pretest  dan   posttest  kelompok kontrol diperoleh thitung  10.113 dengan db 30  dan diperoleh          p  =  0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi  generative  efektif digunakan   dalam pembelajaran menulis  teks laporan hasil observasi  siswa kelas VII SMPN 1   Paliyan.
date: 2015-10-23
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/27646/1/SKRIPSI%20FULL%20PDF.pdf
identifier:   Hendra Wijaya, Gunawan  (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL.  S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.