@phdthesis{UNY27646,
           month = {October},
           title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN 
MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA 
KELAS VII SMP NEGERI 1 PALIYAN GUNUNGKIDUL},
          author = {Gunawan Hendra Wijaya},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2015},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/27646/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  ada tidaknya perbedaan yang 
signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi 
generative  dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi 
generative  dalam menulis teks laporan hasil observasi. Selain itu, penelitian ini juga 
bertujuan menguji keefektifan strategi  generative  dalam pembelajaran menulis  teks 
laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paliyan. 
Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan metode 
eksperimen  semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest 
Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa 
strategi generative dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis  teks laporan hasil 
observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 
Paliyan. Teknik pengambilan sampel adalah  random sampling.  Berdasarkan hasil 
undian, ditetapkan bahwa kelas VII  C  sebagai  kelas eksperimen dan kelas VII  E 
sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan  expert 
judgement.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis  teks laporan hasil 
observasi. Hasil uji normalitas  dan homogenitas  menunjukan  data penelitian ini 
berdistribusi normal dan  homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis  dengan 
menggunakan uji-t. 
  Hasil perhitungan uji-t skor  posttest  kelompok eksperimen dan  posttest 
kelompok kontrol menghasilkan thitung  adalah 3.971  dengan db  60  diperoleh nilai       
p = 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5\%    (p {\ensuremath{<}} 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan 
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang 
mendapatkan pembelajaran menulis  teks laporan hasil observasi  dengan 
menggunakan strategi  generative  dan kelompok kontrol yang mendapatkan 
pembelajaran menulis  teks laporan hasil observasi  tanpa menggunakan strategi 
generative. Hasil perhitungan uji-t skor  pretest  dan  posttest  kelompok eksperimen 
menghasilkan  thitung  14.546  dengan db  30  diperoleh nilai p  =  0,000.  Pretest  dan 
posttest  kelompok kontrol diperoleh thitung  10.113 dengan db 30  dan diperoleh        
p  =  0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi  generative  efektif digunakan 
dalam pembelajaran menulis  teks laporan hasil observasi  siswa kelas VII SMPN 1 
Paliyan.}
}