%0 Thesis %9 S1 %A Purwati, Ayi %A Mukhamad Murdiono, %B FIS %D 2015 %F UNY:27604 %I Fakultas Ilmu Sosial %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DALAM UPAYA PENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN %U http://eprints.uny.ac.id/27604/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas model pembelajaran Course Review Horay dalam upaya peningkatan minat belajar PPKn, 2) efektivitas model pembelajaran Course Review Horay dalam upaya peningkatan prestasi belajar PPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan control group pre test- post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 15 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 10 kelas dengan jumlah 420 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dari 10 kelas diambil sampel 2 kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (35 peserta didik) dan kelompok kontrol (36 peserta didik). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian angket/ kuesioner dan pemberian tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan validitas isi (content validity), uji reliabilitas dengan alpha cronbach dan analisis butir soal. Uji Kolmogrov Smirnov untuk normalitas data, uji statistik (test of varians) untuk homogenitas data, dan uji t dengan taraf signifikansi 5% dan Gain Score untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) efektif dalam upaya peningkatan minat belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung:7,418 >t tabel:1,994), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 t tabel (t hitung:14,010 > t tabel:1,994), dan nilai signifikansi 5% ( 0,000