TY - THES PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Purwanti, Menik Y1 - 2011/// N2 - Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara 1) kemampuan akdemik dengan motivasi menulis skripsi, 2) tingkat kesejahteraan keluarga dengan motivasi menulis skripsi, dan 3) hubungan secara bersama-sama antara kemampuan akademik dan tingkat kesejahteraan keluarga dengan motivasi menulis skripsi pada mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2007 FISEUNY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi karena bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu hubungan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Geografi FISE UNY pada bulan April. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2007 FISE UNY yang berjumlah 1 19 orang, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik, yaitu Product Moment dan Regresi Ganda dengan dua prediktor. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan akademik dan motivasi menulis skripsi. Hal ini dapat dilihat dari nilai r hitung yang lebih besar dari pada r tabel (rhit > rtab) yaitu sebesar 0,286 dengan r tabel 0,180, 2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kesejahteraan keluarga dengan motivasi menulis skripsi. Hal ini dapat dilihat dari nilai r hitung yang lebih keeil dari pada r tabel (rhit < rtab) yaitu sebesar -0,135 dengan r tabel 0,180, dan 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kemampuan akademik dan tingkat kesejahteraan keluarga dengan motivasi menu lis skripsi. Hasil ini ditunjukkan dari nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (7,262 > 3,07). Sedangkan nilai determinan (R2) sebesar 0,111 yang berarti bahwa 11,1 % varian motivasi menulis skripsi dapat dipengaruhi oleh variabel kemampuan akademik dan tingkat kesejahteraan keluarga. Sedangkan sisanya 88,9% dipengaruhi oleh variabellainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sumbangan terbesar yang diberikan kepada motivasi menulis skripsi adalah tingkat kemampuan akademik, yaitu sebesar 8,79%. Sedangkan tingkat kesejahteraan keluarga tidak menyumbang, karena hanya sebesar 2,34% hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang kedua. Kata Kunci: kemampuan akademik, tingkat kesejahteraan keluarga dan motivasi menulis skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/27598/ ID - UNY27598 M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AKADEMIK DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI MENULIS SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI ANGKATAN 2007 FISE UNY AV - public ER -