@phdthesis{UNY27583, author = {Manda Rahma Noviyati}, title = {PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MEDIA PLASTISIN TEPUNG DI TK NEGERI PEMBINA PURWOKER TO}, month = {November}, year = {2012}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak melalui media plastisin tepung, mendeskripsikan proses pembelajaran anak menggunakan media plastisin tepung, serta mendeskripsikan hasil karya penerapan media plastisin tepung yang dibuat para peserta didik dalam proses pembelajaran di TK Negeri Pembina Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu anak kelas B3 TK Negeri Pembina Purwokerto yang berjumlah 30 anak. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi di setiap siklusnya. Pada tahap pengamatan tindakan dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung oleh peneliti dan kolaborator yaitu guru kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dan dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Kriteria eberhasilan tindakan yaitu dengan meningkatnya kreativitas anak dalam pembelajaran menggunakan media plastisin tepung yang dapat dilihat dari skor kreativitas anak dan respon anak dalam mengikuti proses pembelajaran serta hasil karya yang dihasilkan berkembang dan inovatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Melalui media plastisin tepung kreativitas anak dapat meningkat dengan baik dari sebelum dilakukan tindakan hingga setelah dilakukan tindakan. Peningkatan kreativitas ini di ukur dengan menggunakan skor yang ditinjau dari segi orisinalitas, warna dan bentuk. Pada kegiatan pretest skor keseluruhan aspek kreativitas sebesar 276,31 atau dalam prosentase sebesar 61,18\% dan pada akhir siklus III skor keseluruhan aspek kreativitas anak sebesar 326,55 atau sebesar 72,57\%. Melalui pengukuran tersebut, kreativitas anak mengalami peningkatan sejumlah 50,24 atau sebesar 11,39\%. (2) Pada pengamatan respon anak selama proses pembelajaran, aspek antusiasme, konsentrasi, mengikuti arahan, menyimak, motorik halus, ketepatan waktu dan penggunaan alat menjadi pedoman untuk menilai pergerakan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Secara umum respon anak selama mengikuti kegiatan belajar mengajar menggunakan media plastisin tepung dapat meningkat dengan baik, hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor yang di dapat pada kegiatan pretest sejumlah 22,67 atau sebesar 64,76\% dan pada akhir siklus III skor yang didapat sejumlah 27,01 atau sebesar 77,14\%. Dari pengukuran tersebut, proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan baik sejumlah 4,34 atau sebesar 12,38\%. (3) Hasil karya anak selama pelaksanaan tindakan sebanyak tiga siklus mengalami peningkatan yang cukup berarti, peningkatan tersebut terlihat dari segi orisinalitas, serta karya anak yang memiliki keragaman warna dan bentuk.}, keywords = {kreatifitas anak, media, plastisin tepung}, url = {http://eprints.uny.ac.id/27583/} }