@phdthesis{UNY27508, month = {October}, title = {KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROSES BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG}, author = {Lutfia Ayu Sri Maulida}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2015}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan proses berbantuan media video dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan proses berbantuan media video untuk pembelajaran menulis karangan eksposisi. Pendekatan proses dipilih karena terstruktur sehingga mengarahkan siswa dalam menulis dan dipadu dengan penggunaan media video untuk memudahkan siswa memahami konsep abstrak menjadi konkret. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Temanggung. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan kelas 2O2 sebagai kelompok eksperimen dan 2O1 sebagai kelompok kontrol. Tes berupa tes awal dan tes akhir. Soal dalam penelitian ini berupa tes soal menulis karangan eksposisi. Pengujian hasil penelitian dengan program SPSS 16. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis uji-t sampel bebas tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar -2,85 dengan df 52 dan P sebesar 0,006 (P {\ensuremath{<}} 0,05). Hasil analisis uji-t sampel berhubungan tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar -9,634 dengan df 26 dan P sebesar 0,00 (P {\ensuremath{<}} 0,05). Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan proses berbantuan media video dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Pendekatan proses berbantuan media video terbukti efektif digunakan untuk pembelajaran menulis karangan eksposisi.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/27508/} }