<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS PERMAINAN “PHYSICS COLOR” UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh instrumen penilaian berbasis permainan Physics Color yang layak untuk mengetahui penguasaan materi dan penumbuhan minat belajar peserta didik SMA pada materi kinematika gerak 2) mengetahui tingkat penguasaan materi kinematika gerak hasil penilaian dengan instrumen berbasis permainan Physics Color, dan 3) mengetahui tingkat minat belajar peserta didik setelah menggunakan instrumen penilaian berbasis permainan Physics Color dalam penilaian fisika pada materi kinematika gerak.\r\n\tPengembangan dilakukan dengan model 4-D terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang dikembangkan berupa soal yang dikemas dalam permainan dan angket. Validitas isi instrumen oleh ahli pendidikan fisika, ahli penilaian fisika, dan guru fisika SMA. Uji coba terbatas dilakukan pada 21 peserta didik di kelas X MIA 2 di SMA N 5 Yogyakarta dengan hasil 22 dari 30 butir soal dan 8 dari 12 butir angket yang dikembangkan fit terhadap Partial Credit Model. Selanjutnya dilakukan revisi terhadap instrumen dan dilanjutkan tahap uji coba luas yang dilakukan pada 220 peserta didik di 4 SMA di DIY. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.\r\n\tHasil penelitian ini adalah: 1) diperoleh instrumen berbasis permainan Physics Color yang layak, telah memenuhi syarat validitas isi dengan experts judgment,dan telah mendapat bukti empiris berdasarkan uji coba sebanyak 23 butir soal dan 8 butir angket fit dengan PCM, memiliki reliabilitas soal kode A sebesar 0,50, kode B sebesar 0,60, dan angket sebesar 0,83, serta memiliki indeks kesukaran item mulai -0,44 sampai dengan 0,85; 2) penguasaan materi fisika kinematika gerak lurus peserta didik kategori sangat tinggi 25%, tinggi 63%, sedang 11%, rendah 0%, dan sangat rendah 0%; dan 3) penumbuhan minat belajar peserta didik pada kategori sangat tinggi 48,1%, tinggi 40,5%, sedang 10,5%, rendah 0% dan sangat rendah 0,9%.\r\n\r\nKata kunci : instrumen penilaian, permainan Physics Color, penguasaan materi, minat belajar"^^ . "2015-07-08" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Khairunnisa"^^ . "Fahrina Imanzha"^^ . "Khairunnisa Fahrina Imanzha"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS PERMAINAN “PHYSICS COLOR” UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA (Text)"^^ . . . "Khairunnisa Fahrina Imanzha.doc"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS PERMAINAN “PHYSICS COLOR” UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #27424 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS PERMAINAN “PHYSICS COLOR” UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENUMBUHAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA\n\n" . "text/html" . . . "Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam"@en . . . "Fisika"@en . .