TY - THES M1 - skripsi ID - UNY27419 TI - PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP KREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA AV - public KW - metode pembelajaran sosiodrama KW - kreativitas berkarya menggambar UR - http://eprints.uny.ac.id/27419/ Y1 - 2015/09/17/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran sosiodrama terhadap kreativitas berkarya menggambar anak pada kelompok B Taman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan memberi treatment berupa metode sosiodrama pada siswa, kemudian membandingkan kreativitas berkarya menggambar anak sebelum dan sesudah diberi metode pembelajaran sosiodrama. Populasi penelitian keseluruhan siswa kelas B di Taman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penggumpulan data penelitian melalui lembar observasi checklist ya dan tidak. Adapun metode dalam menganalisis data penelitian yaitu dengan uji Paired-samples T test dengan bantuan program SPSS for Windows 20.0. Hasil penelitian berdasarkan uji Paired-samples T test dapat diketahui bahwa nilai t sebesar -6.439 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,005. Berikut ini merupakan indikator yang mampu meningkatkan kreativitas berkarya menggambar anak: (1) Indikator 1, garis sudah tidak coreng-coreng lagi. (2) Indikator 4, aspek warna belum ada hubungan tertentu dengan objek. (3) Indikator 5, gambar bagan makin dapat dikenali. Sedangkan indikator berikut ini tidak meningkatkan kreativitas berkarya menggambar anak: (1) Indikator 2, telah menggunakan bentuk-bentuk geometris sederhana. (2) Indikator 3, anak-anak lebih suka menggambar apa yang dipikirkan daripada yang diamati. (3) Indikator 6, anak mulai menggambar manusia walau masih sangat sederhana. Berdasarkan uji empiris sebelum dan sesudah diberi metode pembelajaran sosiodrama, metode pembelajaran sosiodrama mempengaruhi kreativitas berkarya seni menggambar anak pada indikator 1, 4 dan 5. Setelah dilakukan uji statistik dan uji empiris keduanya menunjukan hasil yang sama, dengan demikian metode pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap kreativitas berkarya menggambar anak pada kelompok B Taman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta. A1 - Rini Setyowati, Dyah PB - Pendidikan Seni Rupa FBS ER -