<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP \r\nKREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA \r\nKELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA"^^ . "ABSTRAK \r\n \r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran \r\nsosiodrama terhadap kreativitas berkarya menggambar anak pada kelompok B \r\nTaman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta. \r\nJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi \r\nExperimental Design) dengan memberi treatment berupa metode sosiodrama pada \r\nsiswa, kemudian membandingkan kreativitas berkarya menggambar anak sebelum \r\ndan sesudah diberi metode pembelajaran sosiodrama. Populasi penelitian \r\nkeseluruhan siswa kelas B di Taman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta. \r\nMetode yang digunakan dalam penggumpulan data penelitian melalui lembar \r\nobservasi checklist ya dan tidak. Adapun metode dalam menganalisis data \r\npenelitian yaitu dengan uji Paired-samples T test dengan bantuan program SPSS \r\nfor Windows 20.0. \r\nHasil penelitian berdasarkan uji Paired-samples T test dapat diketahui \r\nbahwa nilai t sebesar -6.439 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,005. Berikut ini \r\nmerupakan indikator yang mampu meningkatkan kreativitas berkarya \r\nmenggambar anak: (1) Indikator 1, garis sudah tidak coreng-coreng lagi. (2) \r\nIndikator 4, aspek warna belum ada hubungan tertentu dengan objek. (3) Indikator \r\n5, gambar bagan makin dapat dikenali. Sedangkan indikator berikut ini tidak \r\nmeningkatkan kreativitas berkarya menggambar anak: (1) Indikator 2, telah \r\nmenggunakan bentuk-bentuk geometris sederhana. (2) Indikator 3, anak-anak \r\nlebih suka menggambar apa yang dipikirkan daripada yang diamati. (3) Indikator \r\n6, anak mulai menggambar manusia walau masih sangat sederhana. Berdasarkan \r\nuji empiris sebelum dan sesudah diberi metode pembelajaran sosiodrama, metode \r\npembelajaran sosiodrama mempengaruhi kreativitas berkarya seni menggambar \r\nanak pada indikator 1, 4 dan 5. Setelah dilakukan uji statistik dan uji empiris \r\nkeduanya menunjukan hasil yang sama, dengan demikian metode pembelajaran \r\nsosiodrama berpengaruh terhadap kreativitas berkarya menggambar anak pada \r\nkelompok B Taman Kanak-kanak Asih Sejati Yogyakarta."^^ . "2015-09-17" . . . "Pendidikan Seni Rupa FBS"^^ . . . "Universitas Negeri Yogyakarta, Pendidikan Seni Rupa FBS"^^ . . . . . . . . . "Dyah"^^ . "Rini Setyowati"^^ . "Dyah Rini Setyowati"^^ . . "Prof. Dr. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd."^^ . . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP \r\nKREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA \r\nKELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "SKRIPSI DYAH RINI SETYOWATI.PDF"^^ . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP \r\nKREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA \r\nKELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP \r\nKREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA \r\nKELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP \r\nKREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA \r\nKELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP \r\nKREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA \r\nKELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27419 \n\nPENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP \nKREATIVITAS BERKARYA MENGGAMBAR ANAK PADA \nKELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ASIH SEJATI YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Seni Rupa" . .