TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw dan (2) keaktifan peserta didik kelas X-3 SMA N 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw.Jenis penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru bahasa Jerman, dan peserta didik kelas X-3 SMA N 1 Minggir Sleman. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-3 SMA N 1Minggir Sleman sebanyak 31 anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, angket peserta didik, tes keterampilan membaca bahasa Jerman, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan prestasi keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw sebesar 38,38% dan (2) terdapat peningkatan keaktifan peserta didik kelas X-3 SMA N 1 Minggir Sleman melalui metode Jigsaw sebesar 42,06%. UR - http://eprints.uny.ac.id/27355/ KW - keterampilan membaca KW - bahasa Jerman KW - keaktifan peserta didik KW - metodeJigsaw Y1 - 2015/10/15/ ID - UNY27355 A1 - Tri Hastuti, Nika TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMANPESERTA DIDIK KELAS XMELALUI METODE JIGSAW PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public ER -