relation: http://eprints.uny.ac.id/27298/ title: UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA DI SMK SAHID SURAKARTA creator: Endah, Purnamasari subject: Teknik Boga dan Busana description: UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA DI SMK SAHID SURAKARTA Oleh : Endah Purnamasari 08511242011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia di SMK Sahid Surakarta, (2) mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa kelas XUJB2 SMK Sahid Surakarta melalui penerapan metode berbasis proyek. Penelitian pada mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai perancang kegiatan pembelajaran dan guru sebagai pelaksananya. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan secara kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif untuk digunakan dalam penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XUJB2 SMK Sahid Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menujukkan bahwa dengan pelaksanaan menerapkan metode berbasis proyek pada mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan langkah-langkah pembelajaran tindakan kelas yang dimulai dengan : a. perencanaan meliputi: (1) merumuskan tujuan pembelajaran, (2) pembagian kelompok, (3) merumuskan strategi pembelajaran pada tiap pekerjaan, (4) pembuatan lembar kerja, (5) merancang alat evaluasi. b. tahap pelaksanaan (1) mengecek kelengkapan untuk praktik, (2) menjelaskan proyek, (3) mengerjakan proyek. c. tahap evaluasi (1) penilaian, (2) menyimpulkan hasil praktik (3) menganalisis kendala-kendala selama pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan pembelajaran dengan metode berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ini terbukti dari hasil observasi selama I siklus dua kali tindakan dari aspek minat meningkat 21,66%, aspek ketekunan 13,33%, aspek kemauan 13,33% dan aspek perhatian meningkat sebanyak 11,11%. Hasil rerata peningkatan motivasi belajar dari tindakan I ke tindakan II mengalami kenaikan 14,86%. Kata kunci: Motivasi Belajar dan Metode Berbasis Proyek date: 2015-10-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/27298/1/Endah%20Purnamasari%20-08511242011.pdf identifier: Endah, Purnamasari (2015) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA DI SMK SAHID SURAKARTA. S1 thesis, UNY.