%T MODUL GRAFIS PEMBELAJARAN RAGAM HIAS FAUNA DI SMP NEGERI 1 TEMANGGUNG %I Pendidikan Seni Rupa FBS %X Penelitian ini bertujuan menghasilkan model modul grafis untuk pembelajaran Seni Rupa pada materi Ragam Hias Fauna. Penelitian ini merupakan Penelitian studio yang memfokuskan pada penciptaan modul grafis Seni Rupa dengan materi Ragam Hias Fauna Nusantara. Subjek penelitian adalah modul grafis Ragam Hias Fauna Nusantara. Penciptaan modul melalui beberapa tahap, : (1) Studi pendahuluan, yaitu melakukan observasi dan wawancara (2) Perancangan modul (3) Penilaian modul oleh guru bidang studi dan siswa kelas VII SMP N 1 Temanggung yang berjumlah 5 orang. Penilaian bertujuan untuk mengetahui pendapat tentang modul grafis tanpa mengetahui validitas serta efektivitas modul. Teknik penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik pengolahan data yang digunakan melalui teknik triangulasi data (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Hasil penelitian modul menunjukkan bahwa, pembuatan modul grafis disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan peserta didik agar menarik minat belajar selama mempelajari modul. Materi didesain dengan menggunakan software Photoshop CC dan Corel Draw X7. Materi disajikan dengan menggunakan Flip up, pop up, slide card dan rectangular flods. Penilaian kelayakan modul menunjukkan bahwa, modul dapat menjadi referensi bahan ajar baik bagi siswa maupun guru. Modul dapat memotivasi siswa untuk mempelajari materi ragam hias. Dengan membaca modul mengenal ragam hias fauna pengetahuan siswa dalam materi ragam hias bertambah serta, dengan model modul grafis yang dapat memberikan pengalaman baru bagi peserta didik dalam membaca modul. %D 2015 %A Khairunisa Kusumaningrum %K Modul pembelajaran, Pembelajaran Ragam Hias %L UNY27284