<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Divergen dan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Siswa MTs Kelas VIII"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan kemampuan berpikir divergen antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan keterampilan memecahkan masalah antara kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) pengaruh pembelajaran IPA berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir divergen dan keterampilan memecahkan masalah pada siswa MTs kelas VIII. \r\nPenelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh kelas VIII di MTs Muallimin Muhammadiyah Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir divergen berupa soal uraian tipe terbuka dan lembar observasi keterampilan memecahkan masalah. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis multivarian (MANOVA) dan Tests of Between-Subjects Effects dengan taraf signifikansi 0,05.\r\nPenelitian ini menemukan bahwa dari hasil uji statistik Test of Between-Subject Effects diperoleh nilai signifikansi kemampuan berpikir divergen (p = 0,085 > 0,05) menunjukkan tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir divergen antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan nilai signifikansi keterampilan memecahkan masalah (p = 0,003 < 0,05) menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan memecahkan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis multivarian (MANOVA) menemukan bahwa pembelajaran IPA berbasis PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir divergen dan keterampilan memecahkan masalah pada siswa MTs dengan p = 0,002 < 0,05."^^ . "2015-10-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Agus"^^ . "Mianta"^^ . "Agus Mianta"^^ . . . . . . "Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Divergen dan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Siswa MTs Kelas VIII (Text)"^^ . . . "tesis-agus-mianta-13708259007.swf"^^ . . "HTML Summary of #27266 \n\nPengaruh Pembelajaran IPA Berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Divergen dan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Siswa MTs Kelas VIII\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .