TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id M1 - skripsi N2 - Keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Paliyan masih kurang. Hal itu disebabkan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Course Review Horray pada mata pelajaran IPS di kelas VIII A SMP Negeri 2 Paliyan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Paliyan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode Course Review Horray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 2 Paliyan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase keaktifan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase keaktifan belajar siswa sebesar 69% kemudian siklus II mengalami peningkatan sebesar 17% menjadi 86 %. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai tes siswa yang mencapai ketuntasan KKM ?70. Pelaksanaan tes siklus I menunjukkan persentase sebesar 88 % dengan 22 siswa yang nilainya tuntas, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 14 % menjadi 92 % dengan 23 siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan pembelajaran metode Course Review Horray pada mata pelajaran IPS dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 2 Paliyan. Kata Kunci: Course Review Horray, keaktifan, dan hasil belajar siswa AV - public A1 - Hapsari, Nita Putri TI - PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMPN 2 PALIYAN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015 PB - Fakultas Ilmu Sosial Y1 - 2015/// ID - UNY27258 ER -