<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA\r\nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN\r\nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI)\r\nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mendiskriminasi\r\nbunyi bahasa pada anak tunarungu kelas VII SLB B Karnnamanohara dalam\r\npembelajaran Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama, dan hambatan yang\r\ndialami anak tunarungu dalam pembelajaran Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan\r\nIrama.\r\nPenelitian yang dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2014 ini adalah\r\npenelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu\r\nkelas VII SLB B Karnnamanohara yang berjumlah 8 anak. Instrumen yang\r\ndigunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi,\r\nwawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik\r\nreduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.\r\nKemampuan mendiskriminasi bunyi bahasa pada subjek Danu, Nadia, Saifi\r\ndan Nanda sudah cukup baik. Nadia dan Saifi sudah memenuhi 10 aspek. Danu\r\nsudah mampu memenuhi 9 aspek tetapi masih belum mampu untuk mendiskriminasi\r\nkata pada kalimat dan Nanda memenuhi 9 aspek tetapi belum mampu\r\nmendiskriminasi fonem pada kata. Sementara pada subjek Lintang, Putri, Tika dan\r\nNana masih banyak aspek yang dikatakan belum mampu mendiskriminasi bunyi\r\nbahasa. Dari 10 aspek yang diujikan Nana hanya dikatakan mampu pada 3 aspek.\r\nLintang memenuhi 4 aspek. Putri dan Tika sudah memenuhi 6 aspek kemampuan\r\nmendiskriminasi bunyi bahasa. Hambatan dalam mendiskriminasi bunyi bahasa pada\r\nsubjek Lintang dan Nana adalah sisa pendengaran yang rendah, keduanya sama-sama\r\ntunarungu total (Loss). Tika, Putri dan Nanda sama-sama tunarungu berat dan\r\nkepekaan bunyi keduanya cukup bagus tetapi konsentrasi dan pemahaman kata\r\nbelum baik. Hambatan yang dialami Danu adalah konsentrasi, sikap semaunya\r\nsendiri dan pemahaman kata yang belum baik. Nadia dan Saifi tidak mengalami\r\nhambatan yang berarti selama tes karena sisa pendengaran yang baik dan sudah peka\r\nbunyi."^^ . "2014-06-15" . . . "FIP"^^ . . . "PLB, FIP"^^ . . . . . . . . . "Susiani"^^ . "Emy"^^ . "Susiani Emy"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA\r\nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN\r\nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI)\r\nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "KEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA\r\nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN\r\nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI)\r\nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA\r\nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN\r\nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI)\r\nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA\r\nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN\r\nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI)\r\nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA\r\nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN\r\nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI)\r\nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA\r\nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN\r\nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI)\r\nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27222 \n\nKEMAMPUAN MENDISKRIMINASI BUNYI BAHASA \nPADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN \nBINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI) \nDI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .