%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK) Tirtosiwi Janturan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru serta siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesetaraan gender telah di aplikasikan di TK Tirtosiwi Janturan Sleman Yogyakarta namun masih belum optimal: a) Kesempatan yang sama memperoleh pendidikan baik siswa perempuan maupun laki-laki. Pengetahuan guru tentang kesetaraan gender masih kurang namun tetap menerapkan pendidikan kesetaraan gender melalui proses pembelajaran; b) Kegiatan pembelajaran maupun ekstrakurikuler melibatkan seluruh siswa, partisipasi siswa perempuan dan laki-laki setara; c) Guru perempuan maupun laki-laki memiliki hak yang sama dalam pengawasan proses pembelajaran yang berkesetaraan gender. Selain itu perhatian dan perlakuan guru dalam kegiatan pembelajaran setara tidak membedakan suatu jenis kelamin tertentu; d) Interaksi yang terjalin antara guru dan siswa baik perempuan maupun laki-laki menimbulkan rasa nyaman akan sikap guru dalam pembelajaran. Selain itu pemakaian seragam juga disesuaikan dengan kebutuhan siswa perempuan dan laki-laki sehingga menjadi netral gender. %D 2015 %A Hariyatun Nining %I UNY %T PENDIDIKAN KESETARAAN GENDER DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) TIRTOSIWI JANTURAN SLEMAN YOGYAKARTA %L UNY27221