eprintid: 27219 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1186 dir: disk0/00/02/72/19 datestamp: 2015-10-20 03:11:32 lastmod: 2019-01-30 04:27:03 status_changed: 2015-10-20 03:11:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ida, Sulistyowati title: KEBIJAKAN SEKOLAH TENTANG PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL ispublished: pub subjects: sosio_pendidikan divisions: fip_fsp full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kebijakan sekolah tentang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), proses pendidikan lingkungan hidup, pengembangan pendidikan lingkungan hidup, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat kebijakan sekolah tentang pendidikan lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat dekriptif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, lima guru dan empat siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan sekolah tentang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di SMA Negeri 1 Jetis Bantul memuat 5 komponen yaitu tujuan, rencana, program, keputusan, dan dampak; (2) Proses kebijakan pendidikan lingkungan hidup dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kegiatan aksi lingkungan; (3) Pengembangan pendidikan lingkungan hidup meliputi: (a) pengembangan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan; (b) pengembangan kurikulum berbasis lingkungan hidup; (c) pengembangan kegiatan berbasis partisipasi; (d) pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung sekolah; (4) Faktor pendukung dan faktor penghambat kebijakan sekolah tentang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yaitu faktor pendukungnya meliputi: (a) faktor internal yaitu semangat warga sekolah, sarana prasarana, dan pendanaan; (b) faktor eksternalnya yaitu adanya kerjasama, dan adanya pemberian bantuan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: (a) faktor internalnya yaitu ada alat-alat pendukung PLH yang sudah rusak, masih ada siswa yang kurang memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan, dan beban mengajar guru selama 24 jam dalam 6 hari kerja yang harus dipenuhi; (b) faktor eksternalnya yaitu karakter siswa yang sudah terbentuk dari lingkungan rumah, kurangnya komunitas pecinta alam, dan belum konsisten antara kehidupan siswa di rumah dan di sekolah. date: 2015-08-31 date_type: published institution: UNY department: FIP thesis_type: skripsi citation: Ida, Sulistyowati (2015) KEBIJAKAN SEKOLAH TENTANG PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/27219/1/Ida%20Sulistyowati_11110241013.pdf