eprintid: 27177 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1189 dir: disk0/00/02/71/77 datestamp: 2015-10-19 05:48:57 lastmod: 2019-01-30 04:14:47 status_changed: 2015-10-19 05:48:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Roni Anjar Pamungkas, Roni title: EVALUASI PROGRAM PAKET B SETARA SMP PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULONPROGO ispublished: pub subjects: pend_luar_sekolah divisions: fip_pls full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan kesetaraan Paket B yang berusaha Mendeskripsikan: 1) kebutuhan masyarakat dan partisipasi masyarakat terhadap program paket B SKB Kulonprogo. 2) Motivasi, karakteristik warga belajar, karakteristik tutor, kurikulum, pendanaan, sarana dan prasarana Paket B SKB Kulonprogo. 3) Aktivitas warga belajar, strategi pembelajaran dan aktivitas tutor dalam pembelajaraan Program Paket B SKB Kulonprogo. 4) Hasil belajar yang ditimbulkan, kecakapan vokasional warga belajar, serta kebermanfaatan program bagi warga belajar Program Paket B SKB Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek utama peneliti adalah Pengelola, Tutor, Warga Belajar program Paket B. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan mengunakan sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah 1) evaluasi context (konteks) program pendidikan kesetaraan Paket B dapat dikatakan sudah baik, adanya tujuan program pendidikan kesetaraan Paket B, fungsi lembaga, penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan Paket B didasarkan kepada kebutuhan masyarakat, dan adanya indikator ketercapaian program yang jelas dan baik. 2) evaluasi input (masukan) masih kurangnya motivasi warga belajar untuk datang dalam proses pembelajaran. 3) evaluasi process (proses) dapat dikatakan sudah baik strategi pembelajaran sudah mengunakan berbagai macam metode dan teknik selama proses pembelajaran. 4) evaluasi Product (produk) program pendidikan kesetaraan Paket B, masih perlu adanya peningkatan hasil belajar warga belajar dikarenakan hanya 42% warga belajar yang lulus. Serta perlu diadakan kembali kecakapan vokasional yang dulu pernah ada. Kata kunci : Evaluasi Program, Paket B, Sanggar Kegiatan Belajar date: 2015-10-23 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Luar Sekolah thesis_type: skripsi citation: Roni Anjar Pamungkas, Roni (2015) EVALUASI PROGRAM PAKET B SETARA SMP PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/27177/1/Roni%20Anjar%20Pamungkas_07102241024.pdf