<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP \r\nIMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL"^^ . "ABSTRAK \r\n \r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dongeng bergambar \r\njenis fabel terhadap imajinasi menggambar binatang pada anak retardasi mental \r\nringan. \r\nJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif \r\ndengan pendekatan studi kasus terhadap anak retardasi mental ringan. Subjek \r\npenelitian adalah Andreas Sekunderry Adi Putra. Lokasi penelitian di SLB Negeri \r\nPembina dan Kronggahan RT 7 RW 4 Trihanggo Gamping Sleman. Objek formal \r\npenelitian adalah dongeng bergambar binatang, sedangkan objek material dalam \r\npenelitian ini adalah hasil gambar Sekun. Sumber data dalam penelitian ini \r\ndiperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Penyajian data \r\ndengan teks yang bersifat naratif, yaitu dengan mendeskripsikan 10 gambar satu \r\npersatu lalu diinterpretasikan dan diuraikan sesuai dengan pengamatan peneliti \r\ndan tujuan penelitian. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng bergambar berperan \r\nmeningkatkan imajinasi menggambar. Langkah menggambar subjek sebagai \r\nberikut: (1) mendengarkan dongeng yang dibacakan, (2) mengamati bentuk objek \r\nbinatang, (3) menggambar sesuai persepsi. Perkembangan dalam mengeksplorasi \r\nbentuk binatang dan objek pendukung serta pewarnaan semakin variatif. Proses \r\nvisualisasi gambar dan warna yang terkontrol melatih proses motorik maupun \r\nsensorik. Dari 10 karya Sekun, imajinasi menggambar dari dongeng bergambar \r\ndominan terdapat pada gambar 5 yang berjudul “Anak Kerang”, karya 8 yang \r\nberjudul “Kancil dan Tikus”, karya 10 yang berjudul “Dua Ekor Kambing”. \r\nKetiga karya ini menunjukkan perkembangan serta keunikan imajinasi dalam \r\ngambar. Binatang dan objek imajiner semakin variatif berdasarkan pengalaman, \r\npengetahuan dan kondisi lingkungan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan \r\nbahwa pengaruh dongeng bergambar terhadap imajinasi menggambar Sekun \r\nadalah mampu mewujudkan atau memvisualisasikan bentuk-bentuk binatang \r\ndengan melihat gambar pada dongeng."^^ . "2015-09-10" . . . "Pendidikan Seni Rupa FBS"^^ . . . "Universitas Negeri Yogyakarta, Pendidikan Seni Rupa FBS"^^ . . . . . . . . . "Hanifah"^^ . "Eka Wulandari"^^ . "Hanifah Eka Wulandari"^^ . . "Dr. Hadjar Pamadhi, MA (Hons)"^^ . . . . . . . "PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP \r\nIMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL (Text)"^^ . . . "TAS HANIFAH EKA WULANDARI.PDF"^^ . . . "PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP \r\nIMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP \r\nIMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP \r\nIMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP \r\nIMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27170 \n\nPERAN DONGENG BERGAMBAR TERHADAP \nIMAJINASI MENGGAMBAR ANAK RETARDASI MENTAL\n\n" . "text/html" . . . "Seni Rupa" . .