@phdthesis{UNY27092, title = {PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (PKH) PADA PROGRAM PAKET B DI PKBM BHAKTI PERSADA}, author = {Jumhari Jumhari}, month = {October}, year = {2015}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan, proses evaluasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat pendidikan kecakapan hidup pada program paket B di PKBM Bhakti Persada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek ketua PKBM, pendidik, dan peserta didik. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kecakapan hidup dilaksanakan secara teori 30\% dan praktik 70\%. Pelaksanaan pembelajaran yaitu pendidik membuka pelajaran, menjelaskan tentang tujuan pembelajaran, kemudian menyampaikan materi pembelajaran baik secara teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan ada komponen pembelajaran yaitu: peserta didik, pendidik, tujuan, metode, media, kurikulum, materi, kegiatan pembelajaran, sarana prasarana, evaluasi belajar, dan sumber pendanaan. (2) Proses evaluasi pembelajaran pendidikan kecakapan hidup dilaksanakan dengan cara ulangan harian, ulangan tengah semester dan evaluasi hasil belajar ditambah dengan tingkat kehadiran peserta didik. Bentuk evaluasinya secara teori dan praktik (3) faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran pendidikan kecakapan hidup yaitu: kompetensi narasumber teknis memadai, lokasi pelaksanaan pembelajaran mudah dijangkau, materi pembelajaran menarik sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik, keberadaan mitra kerja lembaga cukup banyak, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan kecakapan hidup adalah: sarana dan prasarana kurang memadai, penempatan lulusan program masih sangat terbatas, dan instrumen pengembangan usaha belum tersedia. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH), Pelaksanaan, Evaluasi, Program Paket B}, url = {http://eprints.uny.ac.id/27092/} }