<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI"^^ . "Pengembangan pendidikan di sekolah tidak hanya didasarkan pada \r\npendidikan akademik saja, tetapi juga perlu dalam kegiatan keterampilan. Di \r\nMAN Godean, diberikan program jurusan keterampilan dalam program jurusan \r\ntata busana, tata boga, perakitan dan perawatan komputer, sablon dan otomotif \r\ndan las. Selama ini, terdapat perbedaan daIam pemilihan program jurusan dimana \r\nkedua jurusan keterampilan yakni jurusan tata bus ana dan jurusan otomotif dan las \r\nterdapat ketidakseimbangan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Siswa \r\nlaki-laki lebih mendominasi jurusan otomotif dan las, sedangkan siswa perempuan \r\nlebih mendominasi jurusan tata busana. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat \r\nbagaimana perspektif gender yang ada dalam pemilihan kedua jurusan tersebut, \r\nalasan siswa memilih serta bias gender yang terjadi. \r\n\r\nPenelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana sumber \r\ndata diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara di lapangan yang berupa \r\nanalisis kata-kata. Sumber data yang dipergunakan yaitu sumber data primer dan \r\nsumber data sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang \r\nberupa wawancara dengan siswa dan guru keterampilan MAN Godean, observasi, \r\ndokumentasi dan studi kepustakaan. VaIiditas data dengan triangulasi, ketekunan \r\npengamatan dan pemeriksaan melalui diskusi. Teknik analisis data dengan \r\nmenggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan \r\npenarikan kesimpulan. \r\n\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dalam memilih jurusan \r\nmasih dipengaruhi budaya patriarki dan bias gender. Hal ini dibuktikan bahwa \r\nsiswa laki-laki dan siswa perempuan di MAN Godean dalam memilih jurusan \r\nketerampilan masih berdasarkan penempatan posisi pekerjaan tertentu siswa lakiĀ­\r\nlaki dan perempuan. Siswa perempuan dianggap lebih pantas di jurusan tata \r\nbusana yang dianggap laki-laki bersifat kewanitaan, dan siswa laki-laki lebih \r\npantas dijurusan otomotif dan las yang lebih kuat. Permasalahan tersebut secara \r\ntersendiri telah melahirkan bias gender atau ketidakseimbangan antara siswa lakiĀ­\r\nlaki dan siswa perempuan dalam jurusan tata busana juga otomotif dan las. \r\nHingga sekarang bias gender yang terjadi di MAN Godean masih belum disadari, \r\ntetapi sudah tampak dalam kedua jurusan keterampilan tersebut. \r\n\r\nKata Kunci : Perspektif Gender, Pemilihan Jurusan Keterampilan, Bias Gender."^^ . "2011" . . . "Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . "FIS, Fakultas Ilmu Sosial"^^ . . . . . . . . . "Dimas Agung"^^ . "Prasetyo"^^ . "Dimas Agung Prasetyo"^^ . . "Farida Hanum"^^ . . . "Nur Hidayah"^^ . . . . . . . "PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI (Text)"^^ . . . "PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI.pdf"^^ . . . "PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27056 \n\nPERSPEKTIF GENDER DALAM PEMILIHAN JURUSAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI\n\n" . "text/html" . . . "Sosiologi Antropologi"@en . .