eprintid: 27032 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1198 dir: disk0/00/02/70/32 datestamp: 2015-10-16 03:02:19 lastmod: 2019-01-30 04:00:44 status_changed: 2015-10-16 03:02:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugraha, Trio Kusuma title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PROGRAM SIBELIUS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN NOT BALOK PADA SISWA KELAS XI SMA KRISTEN WONOSOBO ispublished: pub subjects: H1 divisions: fbs_pend_seni_musik full_text_status: public keywords: media belajar, sibelius, not balok abstract: Materi not balok adalah salah satu materi dalam mata pelajaran seni musik yang kurang disukai oleh siswa di sekolah. Permasalahan ini juga peneliti temukan di SMA Kristen Wonosobo. Berangkat dari sebuah ide untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti mencoba untuk menggunakan media yang sudah ada, yaitu program Sibelius dalam menyampaikan materi not balok pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media belajar program Sibelius terhadap hasil pembelajaran not balok pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan desain penelitiannya adalah penelitian kuasi eksperimen, yaitu desain kelompok kontrol pretes-postes nonekuivalen (Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design), dengan satu macam perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Kristen Wonosobo dengan jumlah sampel 42. Dalam sampel tersebut dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis komparatif dua sampel berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar kelompok eksperimen adalah 80,00 dan ratarata skor hasil belajar kelompok kontrol adalah 63,81. Selisih rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 16,19. Hasil perhitungan uji T diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,386 > 2,831) dan taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), itu hipotesis diterima. Maka, hipotesis yang berbunyi "terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan media belajar program Sibelius dengan kelas yang diajar tidak dengan menggunakan program Sibelius" terbukti. date: 2012-07-23 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Seni Musik thesis_type: skripsi citation: Nugraha, Trio Kusuma (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PROGRAM SIBELIUS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN NOT BALOK PADA SISWA KELAS XI SMA KRISTEN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/27032/1/Trio%20Kusuma%20Nugraha%2008208241036.pdf