@phdthesis{UNY27009, year = {2015}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PEMANFAATAN (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) ICT OLEH GURU SMP DI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA}, author = {Nugraha Achmed Rizky}, month = {October}, abstract = {Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk; a) mendeskripsikan pemanfaatan ICT oleh guru SMP; b) mendeskripsikan kendala-kendala yang menjadi penghambat implementasi ICT; dan c) mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kendala implementasi ICT pada tingkat SMP. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah guru SMP sedangkan populasi sebanyak 1968 guru sampel yang digunakan 5\% dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel sebanyak 90 guru dari 10 sekolah yang terbagi atas wilayah timur, tengah, dan barat. Hasil dalam penelitian ini diperoleh bahwa; 1) sebagian besar guru SMP di Kabupaten Bantul Yogyakarta dengan persentase 69,24\% telah memanfaatkan ICT dengan baik. Pemanfaatan ICT terdiri atas; a) navigasi file komputer dengan persentase 69,52\%; b) pemanfaatan email dengan persentase 51,90\%; c) pemanfaatan web dan internet dengan persentase 75,08\%; d) pemanfaatan word processor dengan persentase 72,22\%; dan e) pemanfaatan media presentasi dengan persentase 77,46\%. 2) kendala-kendala implementasi tersebut terangkum di antaranya tidak meratanya penyuluhan dari pemerintahan, besarnya dana yang tidak mencukupi untuk melengkapi sarana dan prasarana ICT, banyak perangkat ICT yang mengalami kerusakan dan jumlah perangkat ICT yang belum memadai (LCD, Scaner, printer, wifi). 3) upaya-upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang ada adalah dengan terus mangajukan permohonan mengenai permohonan untuk pengembangan ICT, mengadakan pelatihan tentang pengetahuan penggunaan ICT melakukan memperbaiki pada perangkat ICT yang rusak dengan menggunakan dana sekolah masing-masing, membangun kesadaran setiap guru untuk terus berinovasi dan berkreasi.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/27009/} }