TY - THES N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya kategori dan jumlah siswa yang mengalami hambatan pembelajaran renang gaya crawl siswa kelas V SD Negeri Kraton Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategori dan jumlah persentase siswa pada hambatan pembelajaran renang gaya crawl di SD Negeri Kraton Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kraton. Jumlah siswa tersebut sebanyak 20 siswa. Teknik pengujian instrumen adalah uji validasi dosen ahli dan uji validitas kemudian uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan melalui bentuk kategori dan jumlah persentase siswa pada hambatan pembelajaran renang gaya crawl SD Negeri Kraton Kota Yogyakarta. Dari hasil penelitian ini menunjukkan hambatan pembelajaran renang gaya crawl di SD Negeri Kraton Yogyakarta adalah terdapat 1 siswa (5%) pada kategori sangat tinggi, 4 siswa (20%) berada pada kategori tinggi, 8 siswa (40%) berada pada kategori sedang, 5 siswa (25%) pada kategori rendah dan 2 siswa (10%) pada kategori sangat rendah. Y1 - 2015/// A1 - Yulian Prayogi PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan M1 - skripsi ID - UNY26929 AV - public TI - HAMBATAN PEMBELAJARAN RENANG GAYA CRAWL SISWA KELAS V SD NEGERI KRATON KOTA YOGYAKARTA KW - Hambatan KW - Renang KW - Gaya crawl UR - http://eprints.uny.ac.id/26929/ ER -