@phdthesis{UNY26924,
            year = {2015},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
           title = {PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI
BERBANTUAN MEDIA LAGU REMAJA
PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK},
          author = {Rita Dwi Astuti},
           month = {October},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan
metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu remaja pada siswa kelas X SMA
Negeri 1 Ngaglik.
Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMA Negeri 1
Ngaglik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur
pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi menjadi dua siklus. Siklus I
dilakukan dalam dua kali pertemuan dengan menggunakan metode sugesti imajinasi
berbantuan media lagu remaja berjudul ?Sahabat Kecil? dan siklus II juga dilakukan
dalam dua kali pertemuan dengan menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan
media lagu remaja berjudul ?Jogja?. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman
pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data
dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif
dan analisis hasil tindakan yang berupa skor hasil karya siswa.
Hasil penelitian secara proses menunjukkan bahwa adanya peningkatan
pelaksanaan proses pembelajaran pada beberapa aspek, misalnya keaktifan siswa
dilihat dari siswa yang tidak sungkan menjawab pertanyaan dari guru, perhatian yang
difokuskan saat guru menerangkan tentang materi menulis cerpen, dan keantusiasan
siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan membuat cerpen
menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu remaja. Hal ini dapat
diketahui dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran. Peningkatan secara
produk dapat diketahui dari proses sebelum diberi tindakan dengan skor rata-rata
62,94, sedangkan skor rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 70,77. Pada
siklus II, skor rata-rata yang dicapai siswa adalah 79,70. Berdasarkan uraian tersebut,
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode sugesti
imajinasi berbantuan media lagu remaja dapat meningkatkan proses pembelajaran dan
meningkatkan nilai menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/26924/}
}