%0 Thesis %9 S1 %A Wibawa, Nugraha Setia %B Pendidikan Seni Musik %D 2013 %F UNY:26902 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K metode Kodaly, SPSS 19, pretest, postest %T PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE KODALY DENGAN METODE IMITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK SEKOLAH PADA KELAS VIII DI SMP N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/26902/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara penggunaan metode Kodaly dengan metode imitasi pada pembelajaran ansambel musik sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain yang digunakan adalah Control Group Posttest Only Design. Dalam desain penelitian ini, dipilih dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen secara acak. Adapun instrumen yang dipakai yaitu berupa lembar observasi dan tes praktik. Pengumpulan data penelitian berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dibantu dengan software SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar siswa yang menggunakan metode Kodaly dan metode imitasi. Hal ini ditunjukkan dengan t-hitung > t-tabel mengingat bahwa mean prestasi belajar metode Kodaly lebih tinggi maka dapat dikatakan bahwa metode Kodaly lebih baik daripada metode imitasi.