%0 Thesis %9 S1 %A Dyah, Ayu Meymona %B Fakultas Teknik %D 2015 %F UNY:26702 %I UNY %T UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS SISWA BELAJAR MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007 DENGAN MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEWON %U http://eprints.uny.ac.id/26702/ %X UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KREATIVITAS SISWA BELAJAR MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007 DENGAN MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEWON Oleh Dyah Ayu Meymona 09520244021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui implementasi model pembelajaran STAD dalam meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa kelas VIII belajar Microsoft Office 2007 pada mata pelajaran TIK 2) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan kemampuan praktik belajar Microsoft Office Excel 2007 3) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan kemampuan praktik belajar Microsoft Office Excel 2007. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sewon Bantul, sebanyak 27 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran TIK dengan model pembelajaran STAD, kuis, LKS, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran STAD melalui tahapan (1) presentasi kelas yang dilakukan oleh guru, (2) diskusi kelompok dengan menggunakan LKS, (3) kuis individu, (4) peningkatan nilai individu, dan (5) penghargaan kelompok, dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan nilai siklus, persentase kemampuan praktik, dan kreativitas siswa. Peningkatan nilai siklus dapat dilihat dari rata-rata nilai awal yaitu 7,76 kiteria tinggi yang diperoleh sebelum siklus dilaksanakan menjadi 8,52 kriteria tinggi pada siklus I dan siklus II 9,10 kriteria sangat tinggi. Persentase kemampuan praktik mengalami peningkatan dari awal pertemuan pertama siklus I yaitu 68,15% kriteria baik menjadi 76,54% kriteria baik. Selain itu, persentase kreativitas juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama siklus I yaitu 34,39% kriteria kurang menjadi 50,79% kriteria cukup. Sedangkan implementasi pembelajaran TIK dengan model STAD kelas VIII C berjalan dengan baik dan tahapan dari model STAD hampir terlaksana semua di setiap siklus terlihat dari persentase hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran TIK yaitu siklus I pertemuan pertama: 90%, siklus I pertemuan kedua: 95%, siklus II pertemuan pertama 95%, dan siklus II pertemuan kedua 100%. Kata kunci: kreativitas, kemampuan praktik, STAD