%A Stefani Ardiana Wijiastuti %X Proses pernbelajaran sosiologi sebagian besar rnasih rnenggunakan rnetode ceramah dan berpengaruh terhadap prestasi belajar sosiologi siswa. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk rneningkatkan prestasi, salah satunya dengan penerapan rnetode pernbelajaran dalarn proses pernbelajaran sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui cara rneningkatkan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Purworejo dengan rnenggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl), untuk mengetahui kelebihan dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan CAR (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus rnencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini rnelalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Dalarn analisis data yaitu rnenggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pelaksanaan rnetode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) diawali dengan pembagian kelompok secara heterogen dan setiap anggota kelompok terdapat peran seorang siswa yang lebih rnampu secara akademik untuk rnembantu anggota kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) yang dikombinasikan dengan pemberian hand out, penjelasan dari guru dan rangkuman dari siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Purworejo. Pada siklus I prestasi siswa meningkat 0.92, siklus II meningkat 1.40, dan pada siklus III meningkat 2.86. Dengan demikian menunjukkan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) dapat digunakan untuk rneningkatkan prestasi belajar khususnya pada rnata pelajaran sosiologi. Kendala yang dihadapi pada awal penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TAl (Team Assisted Indivialization), masih terdapat beberapa siswa yang rnengalami kesulitan dalam berdiskusi dengan teman kelompok. Kelebihannya adalah siswa mernpunyai motivasi yang tinggi untuk belajar karena adanya bentuan dari ternan dan rnempunyai kesempatan yang sama untuk berhasil. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, Team Assisted Individualization %L UNY26666 %T PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)UNTUK PENINGKATAN PREATASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 1 SEMESTER 1 SMA NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %I Fakultas Ilmu Sosial %D 2011