relation: http://eprints.uny.ac.id/26636/
title: Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bidang Keahlian Elektronika Industri  SMK Harapan Kartasura
creator: Dwi, Puji Hastuti
subject: Teknik Mekatronika
description: Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bidang Keahlian Elektronika Industri  SMK Harapan Kartasura  ABSTRAK  Penulis : Dwi Puji Hastuti/NIM. 06518241002  Dosen Pembimbing : Dr. Edy Supriyadi/NIP. 19611003 198703 1 002  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi KTSP bidang keahlian  Elektronika Industri SMK Harapan Kartasura, meliputi: (1) aspek konteks mencakup  kesesuaian dengan visi dan misi tujuan bidang keahlian elektronika industri,  kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, serta perkembangan IPTEKS, (2) aspek input  mencakup guru, teknisi, karyawan, dan fasilitas penunjang baik berupa gedung, ruang  kelas, bengkel, lab, maupun perpustakaan, (3) aspek proses mencakup pelaksanaan  proses belajar mengajar dan penilaian hasil belajar, dan (4) aspek produk mencakup  kesesuaian kompetensi lulusan, dan tingkat keterserapan lulusan ke dunia kerja.  Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan model CIPP (Context,  Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Penelitian dilaksanakan di SMK Harapan  Kartasura. Responden penelitian meliputi 6 guru dan 28 siswa bidang keahlian  elektronika industri. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara, dan  diolah menggunakan bantuan SPSS 12.00 for Windows.  Hasil penelitian dari angket siswa menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan  KTSP secara keseluruhan sebesar 102,9286 termasuk dalam kategori sesuai atau baik.  Hasil penelitian pelaksanaan KTSP setiap aspek adalah sebagai berikut: (1) ditinjau  dari aspek Context dengan hasil rata-rata sebesar 11,1071 termasuk dalam kategori  sesuai atau baik, (2) ditinjau dari aspek Input dengan hasil rata-rata sebesar 24,9286  termasuk dalam kategori sesuai atau baik, (3) ditinjau dari aspek Process dengan hasil  rata-rata sebesar 43,6429 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, dan (4) ditinjau  dari aspek Product dengan hasil rata-rata sebesar 23,2500 termasuk kategori sesuai  atau baik. Sedangkan hasil penelitian dari angket guru menunjukkan bahwa secara  umum pelaksanaan KTSP secara keseluruhan sebesar 339,0000 termasuk dalam  kategori sangat sesuai atau sangat baik. Hasil penelitian pelaksanaan KTSP setiap  aspek adalah sebagai berikut: (1) ditinjau dari aspek Context dengan hasil rata-rata  sebesar 49,5000 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, (2) ditinjau dari aspek  Input dengan hasil rata-rata sebesar 80,8333 termasuk dalam kategori sangat sesuai  atau sangat baik, (3) ditinjau dari aspek Process dengan hasil rata-rata sebesar  140,3333 termasuk dalam kategori sangat sesuai atau sangat baik, dan (4) ditinjau  dari aspek Product dengan hasil rata-rata sebesar 68,3333 termasuk kategori sesuai  atau baik.  Kata kunci: kurikulum, KTSP
date: 2015-10-06
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/26636/1/DWI%20PUJI%20HASTUTI%20-%2006518241002.pdf
identifier:   Dwi, Puji Hastuti  (2015) Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bidang Keahlian Elektronika Industri SMK Harapan Kartasura.  S1 thesis, UNY.