@phdthesis{UNY26636,
          school = {UNY},
            year = {2015},
           month = {October},
          author = {Puji Hastuti Dwi},
           title = {Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bidang Keahlian Elektronika Industri
SMK Harapan Kartasura},
        abstract = {Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bidang Keahlian Elektronika Industri
SMK Harapan Kartasura
ABSTRAK
Penulis : Dwi Puji Hastuti/NIM. 06518241002
Dosen Pembimbing : Dr. Edy Supriyadi/NIP. 19611003 198703 1 002
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi KTSP bidang keahlian
Elektronika Industri SMK Harapan Kartasura, meliputi: (1) aspek konteks mencakup
kesesuaian dengan visi dan misi tujuan bidang keahlian elektronika industri,
kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, serta perkembangan IPTEKS, (2) aspek input
mencakup guru, teknisi, karyawan, dan fasilitas penunjang baik berupa gedung, ruang
kelas, bengkel, lab, maupun perpustakaan, (3) aspek proses mencakup pelaksanaan
proses belajar mengajar dan penilaian hasil belajar, dan (4) aspek produk mencakup
kesesuaian kompetensi lulusan, dan tingkat keterserapan lulusan ke dunia kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan model CIPP (Context,
Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Penelitian dilaksanakan di SMK Harapan
Kartasura. Responden penelitian meliputi 6 guru dan 28 siswa bidang keahlian
elektronika industri. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara, dan
diolah menggunakan bantuan SPSS 12.00 for Windows.
Hasil penelitian dari angket siswa menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan
KTSP secara keseluruhan sebesar 102,9286 termasuk dalam kategori sesuai atau baik.
Hasil penelitian pelaksanaan KTSP setiap aspek adalah sebagai berikut: (1) ditinjau
dari aspek Context dengan hasil rata-rata sebesar 11,1071 termasuk dalam kategori
sesuai atau baik, (2) ditinjau dari aspek Input dengan hasil rata-rata sebesar 24,9286
termasuk dalam kategori sesuai atau baik, (3) ditinjau dari aspek Process dengan hasil
rata-rata sebesar 43,6429 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, dan (4) ditinjau
dari aspek Product dengan hasil rata-rata sebesar 23,2500 termasuk kategori sesuai
atau baik. Sedangkan hasil penelitian dari angket guru menunjukkan bahwa secara
umum pelaksanaan KTSP secara keseluruhan sebesar 339,0000 termasuk dalam
kategori sangat sesuai atau sangat baik. Hasil penelitian pelaksanaan KTSP setiap
aspek adalah sebagai berikut: (1) ditinjau dari aspek Context dengan hasil rata-rata
sebesar 49,5000 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, (2) ditinjau dari aspek
Input dengan hasil rata-rata sebesar 80,8333 termasuk dalam kategori sangat sesuai
atau sangat baik, (3) ditinjau dari aspek Process dengan hasil rata-rata sebesar
140,3333 termasuk dalam kategori sangat sesuai atau sangat baik, dan (4) ditinjau
dari aspek Product dengan hasil rata-rata sebesar 68,3333 termasuk kategori sesuai
atau baik.
Kata kunci: kurikulum, KTSP},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/26636/}
}