<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO"^^ . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO\r\nOleh:\r\nDumas Rasid Ramadhan\r\nNIM. 09503241019\r\nABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah prosedur\r\npenggunaan pembelajaran kooperatif model Jigsaw (2) Keaktifan siswa\r\ndengan menggunakan model Jigsaw (3) Prestasi belajar siswa dengan\r\nmenggunakan model Jigsaw pada mata pelajaran DKKTM.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas.\r\nObyek penelitian ini adalah siswa kelas 2TP 1 dan 2 TP2 yang berjumlah 31\r\nsiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, observer\r\ndan melibatkan siswa. Prosedur penelitian ini meliputi tahap: (1) persiapan; (2)\r\npenyusunan rencana tindakan; (3) pelaksanaan tindakan; (4) observasi; dan (5)\r\npenyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik\r\npengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes, angket, dan\r\ndokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan pada penelitian ini dengan\r\nmenggunakan teknik deskriptif kualitatif.\r\nHasil penelitian yaitu (1) Prosedur pembelajaran model Jigsaw yang\r\ndigunakan yaitu (a) Membentuk kelompok yang berisikan 5 anggota pada setiap\r\nkelompoknya; (b) Siswa bertemu dengan anggota–anggota dari kelompok lain\r\nyang mempelajari topik yang sama untuk saling bertukar pendapat dan informasi\r\nyang disebut dengan kelompok ahli; (c) Anggota kelompok kembali ke kelompok\r\nasalnya untuk menyampaikan apa yang didapatkannya kepada teman–teman\r\ndikelompoknya; (d) Setiap anggota diuji secara individual melalui kuis. Setiap\r\nindividu akan memperoleh poin sesuai dengan hasil jawaban kuis masingmasing.\r\nKelompok yang memperoleh poin terbanyak atas peningkatan performa\r\nakan mendapatkan penghargaan kelompok. Kelompok yang memperoleh\r\npenghargaan tersebut adalah kelompok 2; (2) Keaktifan siswa mengalami\r\npeningkatan sebesar 18,83% . Meningkat dari siklus I sebesar 66,51% menjadi\r\n80.12% pada siklus II; (3) Nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat dari nilai\r\nrata-rata pra siklus sebesar 6,2, dan siklus I sebesar 7,6. Pada siklus II nilai ratarata\r\nkelas juga meningkat menjadi 8,3. Jumlah siswa yang tuntas memenuhi\r\nKKM juga meningkat yaitu pada pra siklus sebanyak 7 siswa (22.58%), pada\r\nsiklus I jumlah siswa tuntas meningkat menjadi 19 siswa (61.29%), kemudian\r\npada siklus II jumlah siswa tuntas menjadi 31 siswa (100%).\r\nKata kunci: Optimalisasi Pembelajaran Teori DKKTM, model Jigsaw"^^ . "2015-10-01" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Rasid Ramadhan"^^ . "Dumas"^^ . "Rasid Ramadhan Dumas"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO (Text)"^^ . . . "dumas rasid ramadhan-09503241019.pdf"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN\r\nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL\r\nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26591 \n\nOPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN \nTEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL \nJIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR \nSISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Mesin"@en . .